foto

hukum shalat berjamaah musik haramkah hukum cadar ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah

Selasa, 20 September 2011

Hylobates moloch


Klasifikasi Owa Jawa
Kingdom         : Animalia
Filum               : Chordata
Sub filum        : Vertebrata
Kelas               : Mamalia
Ordo                : Primata
Superfamili      : Hominoidea
Famili              : Hylobatidae
Genus              : Hylobates
Spesies            : Hylobates moloch (Autodebert 1798)

Owa Jawa, merupakan salah satu hewan primata paling langka. Keberadaannya masuk dalam status “terancam punah”. Selain makin sedikit, banyak yang memburu hanya untuk dipelihara. Pemberian status terancam ini sepertinya justru menarik masyarakat untuk kepentingan pribadi.
Saat ini Owa Jawa hidup sebagian besar di hutan-hutan di Jawa Barat, sebagian kecil di Jawa Tengah, Gunung Slamet, dataran tinggi Dieng dan Jawa Timur. Makanan Owa Jawa adalah buah-buahan alami, daun muda dan serangga. Owa Jawa dapat hidup sampai umur 20 tahun. Ciri khas dari hewan ini adalah teriakkan atau nyanyiannya.Teriakkan atau nyanyian Owa Jawa menandakan territorial tempat tinggal dan area mencari makan.
Hylobates moloch
Saat ini berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan Owa Jawa dari kepunahan. Diantaranya kegiatan edukasi masyarakat luas, khususnya yang tinggal di daerah kawasan hutan. Anton Ario dariConservation International Indonesia (CII) mengatakan, masyarakat sekitar hutan sangat berperan penting dalam proses pemberian informasi mengenai pendeteksian keberadaan Owa Jawa yang dipelihara oleh masyarakat. KPP Tarsius pun tak mau ketinggalan untuk ikut serta menyelamatkan Owa Jawa. Setiap 3 bulan sekali KPP Tarsius melakukan monitoring di Tapos, TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango). Di daerah tersebut masih dapat ditemukan Owa Jawa. Namun, tidak dapat dipastikan apakah hal ini dapat diwariskan ke anak cucu kita jika manusia terus menerus mengeksploitasi sumber daya alam tanpa menghiraukan efek kedepannya. Untuk itu, marilah kita bersama-sama selamatkan Owa Jawa dari kepunahan !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar