foto

hukum shalat berjamaah musik haramkah hukum cadar ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah

Senin, 02 Januari 2012

Satwa Unik Khas Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terbesar ke-tiga di dunia. Pulau ini menjadi rumah berbagai variasi tumbuhan dan hewan. Di sana terdapat 222 spesies mamalia, 420 spesies burung, 100 spesies amphibi dan 394 spesies ikan. Menurut World Wide fund for Nature (WWF), antara tahun 1995 dan 2010, tiga jenis spesies baru ditemukan di Kalimantan setiap bulannya.
 
ORANGUTAN KALIMANTAN 
(Pongo pygmaeus)



Hutan kalimantan menjadi tempat tinggal bagi satu-satunya spesies orangutan yang hidup di Asia. Nama “Orangutan” berasal dari bahasa melayu “orang”dan “hutan”. Orangutan termasuk primata yang pintar, mereka menggunakan perkakas untuk mengumpulkan makanan dan membuat sarang untuk tidur dari ranting-ranting kayu dan dedaunan. Usia orangutan mencapai 35 tahun. Mereka tinggal di pepohonan dan suka makan buah-buahan. Akibat dari perburuan liar dan penggundulan hutan, orangutan menjadi spesies langka.


LEMUR TERBANG SUNDA (Galeopterus varieatus)

Disebut juga sebagai lemur terbang Melayu. Lemur ini termasuk spesies kolugo (mamalia terbang) yang ada di
Indonesia, Thailand, Malaysia dan Singapura. Anehnya, lemur ini sebenarnya bukan lemur dan juga tidak bisa terbang, hanya mengarungi udara dengan indahnya sambil melompat diantara pepohonan. Lemur ini dapat menentukan arah terbangnya dari ketinggian 100 meter. Mereka tergolong hewan nokturnal dan makan tumbuhan, buah, dan bunga.

 


IKAN LELE BERJALAN 
(Clarias batrachus)

Ikan Lele Berjalan

Pernah lihat ikan berjalan di darat? Nah, ikan tersebut termasuk dalam keluarga ikan lele labirin (Clariidae) yang memiliki paru-paru spesial. Paru-paru mereka sudah beradaptasi sehingga bisa bernafas menggunakan oksigen. Ikan ini dikenal dengan sebutan “ikan lele hutan berjalan”. Dinamakan seperti itu, karena mereka sering terlihat berjalan-jalan dan mudah tertangkap oleh manusia.


KERA PROBOSCIS 
(Nasalis larvatus)


Kera Proboscis

Kera Proboscis adalah primata lainnya yang dikenal dekat dengan nama pulau Kalimantan. Keunikannya, hidung para kera jantannya sangat panjang, bisa lebih dari 15 sentimeter. Kera proboscis juga jago memanjat dan berenang. Kera-kera ini hidup di hutan, sungai dan rawa mangrove. Tapi sayang, akibat perburuan liar dan hilangnya habitat tinggal mereka, jenis kera ini menjadi langka – sampai dengan hari ini, hanya sekitar 1.000 ekor saja yang tersisa.


BURUNG HORNBILL 
(keluarga Bucerotidae)

Burung Hornbill

Hutan-hutan di dataran rendah, Kalimantan menjadi tempat tinggal bagi spesies burung Hornbill. Burung ini terkenal akan paruh panjangnya yang berwarna-warni terang dan memegang peranan penting dalam budaya lokal di Kalimantan. “Burung Hornbill adalah burung keramat bagi suku Sarawak”. Burung Hornbill juga melambangkan tenaga dan kekuatan, karenanya dianggap sebagai dewa pelindung warga.


[LF]

dikutip dari majalah asian gegraphic - 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar