foto

hukum shalat berjamaah musik haramkah hukum cadar ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah

Selasa, 20 September 2011

Kukang (Suku : Lorisidae)


Kukang
Kukang, merupakan primata prosimian, yang didalamnyaa masuk subsuku Prosimii, yang artinya primata primitif, bila dibandingkan dengan jenis pritmata lain.Sebab ciri-ciri anatominya, ditemukan pada satwa menyusui, akan tetapi dimiliki oleh jenis primata. MIsal adanya tapetum, yaitu lapisan retina mata yang merupakan lapisan yang bergerak reflek bila terkena sinar, dan merupakan ciri khas satwa yang aktif pada malam hari. Ciri ini ditemui pada kucing dan anjing atau satwa mamlia yang aktif pada malam hari lainnya.

Sedangkan antomi reproduksi prosimian mendekati primata lainnya. Seperti memiliki permukaan uterus (bicornuate) dan plasenta. Beberapa jenis prosimian memiliki 4 puting susu, walaupun hanya memiliki satu ekor anak saat melahirkan. Masa siklus birahi 37 - 54 hari. Masa bunting lebih kurang 190 - 195 hari, tergantung dari jenisnya. Anak lahir hanya satu ekor, dan diasuh selama 6 - 9 bulan. Lama hidup dalam penangkaran dapat mencapai 12 - 14 rahun.

Lorisidae, khususnya keluarga kukang atau sering disebut malu-malu, terdiri dari 8 marga (Genus) dan terbagi menjadi 14 jenis. Penyebarannya cukup luas mulai dari afrika, india, srilanka, asia selatan, asia timur dan tenggara. Dari 8 marga yang ada, di Indonesia hanya ditemui 1 marga yaitu Nycticebus. Marga ini terdiri dari 4 jenis, diantaranya :
  1. Nycticebus caucang yang tersebar di semenanjung malaya, sumatera dan kalimatan serta di kepulauan sekitarnya.
  2. Nycticebus pygmaeus tersebar di Indocina, Laos dan kamboja
  3. Nycticebus bengalensis, tersebar di India hingga Thailand
  4. Nycticebus javanicus, hanya tersebar di Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar